5 Ide Bisnis Sampingan Modal Minim tapi Untung Besar. Cocok untuk Mahasiswa!

5 Ide Bisnis Sampingan Modal Minim tapi Untung Besar. Cocok untuk Mahasiswa!

 

Banyak cara berbisnis untuk mahasiswa yang bisa dilakukan, karena jadwal kuliah yang tak padat sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha dan mendapatkan penghasilan. Pendapatan yang diperoleh dari bisnis sampingan ini bisa digunakan untuk membayar biaya kost atau bahkan uang kuliah. Lalu, apa saja usaha yang cocok untuk mahasiswa? Simak penjelasannya!

Bisnis Sampingan Mahasiswa dengan Modal Kecil

  1. Membuka Jasa Les Privat atau Penerjemah

Jasa les privat atau penerjemah bisa dilakukan mahasiswa jurusan apa saja yang tertarik mengajar dan memiliki pengetahuan dalam hal pendidikan. Ide membuka jasa les untuk anak sekolah bisa dibilang tidak perlu membutuhkan modal uang karena berupa jasa. Bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam bahasa asing, maka jasa ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan.

Saat ini yang dibutuhkan bukan hanya Bahasa Inggris saja, ada bahasa asing lain juga yang banyak diperlukan penerjemahnya seperti Jepang, Bahasa Korea, China dan lain-lain. Jasa penerjemah ini bisa dilakukan untuk artikel atau buku, bisa juga untuk subtitle video.
Membuka jasa penerjemah bisa dilakukan secara mandiri atau bekerja sama dengan beberapa orang.

  1. Channel Youtube

ini ada banyak peluang untuk mendapatkan uang dengan menjadi youtuber. Video yang dibuat pun bisa bervariasi, bagi pemula bisa menggunakan modal yang minim. Saat ini video bermain game juga bisa dijadikan konten untuk channel Youtube. Saat channel YouTube sudah layak dimonetisasi, maka bisa mendatangkan uang. Ini bisa dilakukan oleh orang umum ataupun mahasiswa.

  1. Jasa Desain Grafis

Ide bisnis anak kost bisa dilakukan dengan membuka jasa desain grafis. Ini tentu berlaku bagi mahasiswa yang memiliki keahlian dalam hal desain. Mahasiswa jurusan desain atau yang bukan namun memiliki kemampuan bisa membuka jasa desain ini. Jasa desain grafis biasanya dibutuhkan untuk pembuatan logo, gambar, brosur, undangan, dan lainnya.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa desain grafis bisa dimulai dengan komputer/laptop dan printer. Bagi pemula, ini bisa menggunakan laptop yang sudah dimiliki. Mahasiswa biasanya sudah memiliki laptop sehingga tidak kesulitan untuk memulai usaha yang satu ini dengan peralatan yang sudah dimiliki.

 

  1. Warung Kopi

Warung kopi kecil-kecilan bisa menjadi usaha yang menguntungkan apalagi jika lokasinya strategis, misalnya berada di dekat kampus. Warung kopi sendiri bisa hanya buka pada malam hari sehingga cocok untuk mahasiswa yang memiliki waktu kosong di malam hari. Kamu bisa menggunakan aplikasi kasir dari goaccuratesoft.com untuk memudahkan bisnis warung kopimu.

Membuka warung kopi memang membutuhkan modal dan itu bisa diminimalkan dengan memanfaatkan tempat seperti halaman rumah sendiri. Selain itu bisa juga hanya menggunakan gerobak sorong yang bisa dijalankan. Fasilitas yang disediakan sebaiknya disesuaikan dengan target konsumen, apakah untuk sesama mahasiswa atau untuk orang yang lebih tua.

  1. Menjual Pakaian

Fashion bisa jadi hal yang cukup penting bagi mahasiswa yang setiap hari berganti pakaian untuk pergi ke kampus. Cara berbisnis untuk mahasiswa ini bisa dimanfaatkan dengan membuka toko untuk berjualan pakaian. Toko yang didirikan bisa online maupun offline disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Jenis pakaiannya sendiri bisa dipilih yang sesuai dengan target pasar.

Itu tadi 5 ide bisnis anak sekolah atau mahasiswa yang sangat beragam dan seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan. Membuka usaha bagi pemula seperti mahasiswa memang perlu kesabaran dan kegigihan. Jika gagal saat melakukannya, maka perlu untuk evaluasi dan tidak menyerah untuk bangkit lagi dengan usaha yang lebih baik lagi.