7 Keisitimewaan Menyantuni Anak Yatim Dalam Islam

7 Keisitimewaan Menyantuni Anak Yatim Dalam Islam

Apa saja Keistimewaan Menyantuni Anak Yatim? Jika kamu ingin memberikan sedekah kepada anak yatim ada beberapa keutamaan atau keistimewaan yang bisa kita dapatkan.

Islam mengajarkan kita sebagai seorang muslim untuk menyantuni anak yatim piatu. Karena ada banyak sekali keutaman dan keistimewaan yang bisa kita dapatkan dari menyantuni anak yatim seperti keberkahan dalam hidup.

Kata Yatim asalnya dari bahasa arap yang memiliki arti anak kecil yang tidak memiliki ayah karena ayahnya sudah meninggal. Dalam islam artinya sama tetapi yatim disini ada batasa umur sesorang dikatakan sebagai yatim.

Piatu artinya anak yang tidak memiliki ibu karena ditinggal mati ibunya. Jadi seorang anak yang sudah tidak memiliki ayan dan ibu dinamakan yatim piatu.

Anak Yatim sendiri memiliki keistimewaan dalam ajaran agama islam. Keistimewaan anak yatim disebutkan dalam Alquran sebanyak 23 kali. Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam juga menganjurkan kita sebagai umat islam untuk memuliakan anak yatim.

Keistimewaan Menyantuni Anak Yatim

Berikut ini adalah keistimewaan menyantuni anak yatim berdasarkan hadits keutamaan memberi kepada anak yatim :

1. Dimasukan Ke Surga

Dengan menyantuni anak yatim maka kita bisa mendapatkan keistimewaan dari Allah untuk masuk surga. Berdasarkan HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas tentang anak yatim menjelaskan perkataan Rasulullah SAW tentang orang yang melihara anak yatim dengan memberikan makan dan minum maka Allah akan memasukan orang tersebut ke dalam surga. Kecuali orang tersebut pernah melakukan dosa besar yang tidak bisa diampuni.

2. Mendapat Pertolongan Allah SWT

Tolong menolong ke sesama umat manusia merupakan salah satu kebaikan yang harus setiap muslim lakukan termasuk menyantuni anak yatim. Dengan menyantuni anak yatim maka kita bisa mendapatkan pertolongan langsung dari Allah SWT. Keistimewaan menyantuni anak yatim ini tercantum dalam HR Muslim dan Ashhabus Sunan dari Abu Hurairah.

3. Dekat Dengan Nabi Muhammad SAW

Apakah kamu ingin dekat dengan Rasullullah SAW, pastinya semua umat muslim di dunia ingin dekat dengan Rasullullah SAW. Maka jika itu yang kamu inginkan maka hendaklah menyantuni anak yatim dengan hal yang baik. Keistimewaan bisa dekat dengan Rasullullah SAW di surga bersama-sama tercantum dalam HR Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa’d.

4. Diberi Gelar Abror

Keistimewaan Menyantuni Anak Yatim selanjutnya kita bisa mendapatkan gelar Abror yaitu taat kepada Allah SWT. Selain mendapatkan gelar tersebut Allah SWT juga akan memasukan kedalam surga-Nya.

5. Dilembutkan Hatinya

Seorang muslim yang menyantuni anak yatim akan mendapatkan keistimewaan dengan memiliki hati yang lembut. Jadi jika ada orang yang keras hati dan sulit untuk menerima berbagai nasehat serta kebaikan maka hendaklah orang tersebut menyantuni anak yatim.

6. Amalan Untuk Hari Akhir

Salah satu amalan yang dapat menolong kita di hari akhir nantinya adalah menyantuni anak yatim. Semua kebaikan dan keburukan kita selama ada dunia nantinya akan mendapatkan balasan di hari akhir.

Jadi santunilah anak yatim agar amalan tersebut bisa menjadi amal baik yang menolong kita di hari akhir.

7. Terhindar Dari Siksa Akhirat

Semua manusia yang hidup nantinya setelah hari akhir tiba akan diperhitungkan segala pertanggungjawabannya atas apa yang telah diperbuat selama di dunia. Siksa hari akhir akan sangat pedih dibandingkan apa yang ada di dunia. Maka dengan menyantuni anak yatim, kita bisa terhindar dari siksa dari Allah SWT di hari akhir.