Manfaat Daun Ceri untuk Mengobati Batuk dan Sakit Kepala

Manfaat Daun Ceri untuk Mengobati Batuk dan Sakit Kepala

Pohon ceri atau kersen biasanya dapat ditemukan dengan mudah di pinggir-pinggir jalan raya. Buahnya kecil berwarna merah dan rasanya sangat manis. Di samping itu, ternyata daun ceri juga memiliki manfaat untuk kesehatan karena terdapat kandungan fitokimia di dalamnya. Bahkan apabila dibandingkan dengan bagian bunga dan buahnya, daun kersen ternyata mempunyai kadar serat dan karbohidrat yang lebih tinggi. Nah apakah Anda ingin tahu lebih jauh tentang manfaat daun ceri? Berikut ini uraiannya.

  1. Mengobati Batuk

Karena kandungannya yang bersifat anti virus, daun ceri dipercaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit batuk. Di samping itu, karena kandungan antioksidannya, daun ceri juga dapat mengobati peradangan.

  1. Meredakan Sakit Kepala

Daun ceri memiliki kandungan senyawa kimia yang bermacam-macam seperti flavonoid, tanin, triterpenoid, saponin, dan polifenol. Zat-zat tersebut merupakan zat-zat antioksidan dan antimikroba sehingga mampu meringankan sakit kepala atau peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

  1. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Kandungan saponin dan flavonoid dalam daun kersen, selain sebagai antioksidan, juga merupakan insulin alami yang diperlukan oleh tubuh untuk menstabilkan kadar gula dalam darah, terutama untuk para penderita diabetes. Di dalam penelitian disebutkan bahwa penderita diabetes yang menggunakan daun ceri sebagai obat alternatif, mengalami penurunan kadar gula darah yang berangsur-angsur menjadi normal.

Demikianlah manfaat daun ceri untuk kesehatan. Di samping mengobati batuk dan sakit kepala, daun ini juga mampu menstabilkan kadar gula dalam darah.